Langsung ke konten utama

UPACARA PROTOKOLER 

Protokoler merupakan serangkaian aturan dalam sebuah acara yang sangat berperan dalam mensukseskan suatu kegiatan formal/non formal yang dilaksanakan oleh institusi atau organisasi. Petugas protokoler mempersiapkan dan mengelola suatu kegiatan demi menjaga kredebilitas dan citra institusi agar tetap baik dan efektif.

Sebuah acara akan berjalan dengan baik dan berjalan secara optimal apabila acara tersebut dibingkai dalam protokol persiapan/perencanaan yang optimal pula. Sebagaimana kita ketahui apabila kita melaksanakan acara tanpa perencanaan yang baik, maka hal tersebut sama dengan merencanakan sebuah kegagalan.

Berikut ini merupakan contoh kegiatan Pelantikan Jabatan Esselon 1 di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS

  KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS Khusus profesi sekretaris, kode etik yang telah disepakati bersama oleh para anggotanya, guna mengatur tingkah laku setiap anggota sesama profesi sekretaris, meliputi: Menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan serta nama baik profesi sekretaris Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah laku, baik dalam melaksanakan tugas maupun melayani di luar lingkungan kerja dan masyarakat Menjaga kerahasiaan segala informasi demi kepentingan pribadi Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan atau kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi baik pada tingkat nasional maupun internasional Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi, baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaan Dalam kaitan dengan hubungan masyarakat atau tata pergaulan, maka seorang sekretaris perlu memiliki kepribadian yang mantap, meliputi: Perilaku : Dalam berperilaku hendaknya berorientasi pada tugas pokok sebagai sekretaris bukan pada kepentingan pribadinya. Sikap yang perl...

KEARSIPAN

Dalam dunia sekretaris, kearsipan sangat dibutuhkan dalam pekerjaannya. Pengelolaan arsip perlu dilakukan secara efektif, efisien, dan profesional agar arsip dapat disimpan dengan baik dan tersusun untuk menghindari dokumen hilang. Membuat klasifikasi arsip untuk memudahkan pengarsipan. Klasifikasi itu dimaksudkan untuk mengatur arsip agar secara tepat dapat disimpan. Selain itu, juga secara cepat dan tepat pula dapat ditemukan kembali apabila arsip itu diperlukan. Kata arsip dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda archief yang secara etimologi berasal dari bahasa Yunani archium yang artinya peti tempat untuk menyimpan sesuatu. Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi yang dibuat dan diterima oleh lembaga, perseorangan, atau organisasi. Tujuan dari kearsipan yaitu  :  Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman Bila dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat...

TATA RUANG KANTOR

Dalam dunia sekretaris, tidak hanya membahas bagaimana kita menjadi sekretaris yang baik. Tentunya kita juga harus memperhatikan tata ruang kantor yang baik dan benar. Jadi, jangan lupa dibaca ya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tata ruang kantor yang baik. 😊 Apa sih tata ruang kantor itu? ➥pengaturan ruang kerja beserta alat perlengkapannya yang mencakup letak posisi furniture, penempatan mesin, dan sarana pendukung kerja kantor lainnya.  Tujuan tata ruang kantor  untuk menciptakan kondisi kerja yang baik seperti dengan kesehatan dan kepuasan bekerja untuk para pegawai memudahkan pengawasan terhadap pekerjaan kantor dapat meningkatkan estetika sehingga dapat membangun kesan yang baik untuk pelanggan/pengunjung Manfaat tata ruang kantor bisa membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan meningkatkan produktivitas kerja  membuat pengguna ruang menjadi efektif Prinsip dari tata ruang kantor itu meliputi 3 aspek yaitu :   ➤ Efisiensi : memperhitungkan perb...