Langsung ke konten utama

KEARSIPAN

Dalam dunia sekretaris, kearsipan sangat dibutuhkan dalam pekerjaannya. Pengelolaan arsip perlu dilakukan secara efektif, efisien, dan profesional agar arsip dapat disimpan dengan baik dan tersusun untuk menghindari dokumen hilang. Membuat klasifikasi arsip untuk memudahkan pengarsipan. Klasifikasi itu dimaksudkan untuk mengatur arsip agar secara tepat dapat disimpan. Selain itu, juga secara cepat dan tepat pula dapat ditemukan kembali apabila arsip itu diperlukan.

Kata arsip dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda archief yang secara etimologi berasal dari bahasa Yunani archium yang artinya peti tempat untuk menyimpan sesuatu. Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi yang dibuat dan diterima oleh lembaga, perseorangan, atau organisasi.

Tujuan dari kearsipan yaitu  : 

  • Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman
  • Bila dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat 
  • Menghemat tempat dan tenaga 
  • Menjaga dokumen

Fungsi dari kearsipan yaitu :

  • Sebagai sumber informasi bagi pimpinan yang membutuhkan dalam menghadapi permasalahan
  • Sebagai bahan penelitian, arsip merupakan data dan fakta yang otentik untuk dijadikan dasar pemikiran penelitian
  • Sebagai alat bukti tertulis suatu hal 
  • Sebagai gambaran peristiwa masa lampau atau sebagai bukti sejarah

Jenis Arsip menurut fungsinya :

  • Arsip dinamis, yaitu arsip yang masih digunakan secara langsung dalam kegiatan perkantoran sehari-hari 
  • Arsip Statis, yaitu arsip yang tidak digunakan secara langsung dalam kegiatan perkantoran sehari-hari.
Arsip Sentralisasi
Arsip sentralisasi adalah penyelenggarakan kearsipan dip;usatkan pada suatu bagian organisasi atau unit kerjatersendiri, yakni semua warkat atau dokumen disimpan dalam suatu tempat atau ruang dan dikelola oleh suatu unit tersendiri.



Arsip Desentralisasi
Arsip desentralisasi ialah penyelengaraan kearsipan tidak dipusatkan pada satu unit atau bagian organisasi tetapi penyimpanan surat atau warkat dilakukan pada bagian secara sendiri-sendiri. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS

  KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS Khusus profesi sekretaris, kode etik yang telah disepakati bersama oleh para anggotanya, guna mengatur tingkah laku setiap anggota sesama profesi sekretaris, meliputi: Menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan serta nama baik profesi sekretaris Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah laku, baik dalam melaksanakan tugas maupun melayani di luar lingkungan kerja dan masyarakat Menjaga kerahasiaan segala informasi demi kepentingan pribadi Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan atau kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi baik pada tingkat nasional maupun internasional Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi, baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaan Dalam kaitan dengan hubungan masyarakat atau tata pergaulan, maka seorang sekretaris perlu memiliki kepribadian yang mantap, meliputi: Perilaku : Dalam berperilaku hendaknya berorientasi pada tugas pokok sebagai sekretaris bukan pada kepentingan pribadinya. Sikap yang perl...

TATA RUANG KANTOR

Dalam dunia sekretaris, tidak hanya membahas bagaimana kita menjadi sekretaris yang baik. Tentunya kita juga harus memperhatikan tata ruang kantor yang baik dan benar. Jadi, jangan lupa dibaca ya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tata ruang kantor yang baik. 😊 Apa sih tata ruang kantor itu? ➥pengaturan ruang kerja beserta alat perlengkapannya yang mencakup letak posisi furniture, penempatan mesin, dan sarana pendukung kerja kantor lainnya.  Tujuan tata ruang kantor  untuk menciptakan kondisi kerja yang baik seperti dengan kesehatan dan kepuasan bekerja untuk para pegawai memudahkan pengawasan terhadap pekerjaan kantor dapat meningkatkan estetika sehingga dapat membangun kesan yang baik untuk pelanggan/pengunjung Manfaat tata ruang kantor bisa membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan meningkatkan produktivitas kerja  membuat pengguna ruang menjadi efektif Prinsip dari tata ruang kantor itu meliputi 3 aspek yaitu :   ➤ Efisiensi : memperhitungkan perb...