Langsung ke konten utama

Tugas Rutin dan Tugas Khusus Sekretaris



Tugas seorang sekretaris mencakup 2 hal yaitu Tugas Rutin dan Tugas Khusus. 


Tugas rutin merupakan tugas yang dikerjakan setiap hari dan tidak memerlukan perintah khusus dari pimpinan. diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Menerima tamu, seorang sekretaris perlu mengetahui sifat atau kedudukan dan perilaku tamu yang datang. Dengan demikian seorang sekretaris harus memperlakukan setiap tamu dengan sopan, ramah, bijaksana dan penuh perhatian. 

b. Pengurusan surat masuk, tugas utama seorang sekretaris jika tiba di kantor yaitu memeriksa ada tidaknya surat masuk. Biasanya pimpinan memulai bekerja dengan membaca surat-surat masuk yang sudah diproses oleh sekretarisnya. 

c. Mengatur perjalanan dinas pimpinan, pimpinan yang berperan sebagai pengambil keputusan dalam suatu perusahaan tidak hanya bekerja didalam ruang kerjanya saja. Tetapi, pimpinan sering mengadakan pertemuan dengan rekan atau relasi bisnis dengan mengunjungi tempat. Hal yang dilakukan sekretaris dalam mengatur perjalanan dinas pimpinan yaitu dengan mengatur tujuan keberangkatan serta transportasi yang digunakan, mengurus akomodasi, mempersiapkan jadwal perjalanan & pertemuan yang diadakan, mempersiapkan dokumen yang diperlukan, mempersiapkan keperluan keuangan. 

Tugas khusus adalah tugas yang diperintahkan langsung oleh pimpinan kepada sekretaris dengan penyelesaian khusus. Ada beberapa tugas khusus menurut Hendarto & Tulusharyono, diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Mengurus surat keluar, surat keluar merupakan tulisan yang berisikan perintah dari pimpinan dan dikirimkan kepada orang, perusahaan, atau diluar instansi sendiri sesuai alamat yang dicantumkan. Surat ini biasanya berupa pemberitahuan, undangan pertemuan / rapat, jawaban dari surat yang telat dikirimkan, dan undangan kerjasama. Peran sekretaris pada tugas khusus ini karena menyangkut tentang perusahaan maka dari itu sekretaris harus bisa menjaga rahasia. 

b. Menyusun laporan, merupakan tujuan akhir dari setiap proses data atau informasi yang sebelumnya dikumpulkan dan diproses dalam sebuah perusahaan. Laporan sebagai informasi balik yang menjadi dasar penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan. Selain itu laporan juga dijadikan sebagai proses evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilaksanakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS

  KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS Khusus profesi sekretaris, kode etik yang telah disepakati bersama oleh para anggotanya, guna mengatur tingkah laku setiap anggota sesama profesi sekretaris, meliputi: Menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan serta nama baik profesi sekretaris Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah laku, baik dalam melaksanakan tugas maupun melayani di luar lingkungan kerja dan masyarakat Menjaga kerahasiaan segala informasi demi kepentingan pribadi Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan atau kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi baik pada tingkat nasional maupun internasional Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi, baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaan Dalam kaitan dengan hubungan masyarakat atau tata pergaulan, maka seorang sekretaris perlu memiliki kepribadian yang mantap, meliputi: Perilaku : Dalam berperilaku hendaknya berorientasi pada tugas pokok sebagai sekretaris bukan pada kepentingan pribadinya. Sikap yang perl...

KEARSIPAN

Dalam dunia sekretaris, kearsipan sangat dibutuhkan dalam pekerjaannya. Pengelolaan arsip perlu dilakukan secara efektif, efisien, dan profesional agar arsip dapat disimpan dengan baik dan tersusun untuk menghindari dokumen hilang. Membuat klasifikasi arsip untuk memudahkan pengarsipan. Klasifikasi itu dimaksudkan untuk mengatur arsip agar secara tepat dapat disimpan. Selain itu, juga secara cepat dan tepat pula dapat ditemukan kembali apabila arsip itu diperlukan. Kata arsip dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda archief yang secara etimologi berasal dari bahasa Yunani archium yang artinya peti tempat untuk menyimpan sesuatu. Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi yang dibuat dan diterima oleh lembaga, perseorangan, atau organisasi. Tujuan dari kearsipan yaitu  :  Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman Bila dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat...

TATA RUANG KANTOR

Dalam dunia sekretaris, tidak hanya membahas bagaimana kita menjadi sekretaris yang baik. Tentunya kita juga harus memperhatikan tata ruang kantor yang baik dan benar. Jadi, jangan lupa dibaca ya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tata ruang kantor yang baik. 😊 Apa sih tata ruang kantor itu? ➥pengaturan ruang kerja beserta alat perlengkapannya yang mencakup letak posisi furniture, penempatan mesin, dan sarana pendukung kerja kantor lainnya.  Tujuan tata ruang kantor  untuk menciptakan kondisi kerja yang baik seperti dengan kesehatan dan kepuasan bekerja untuk para pegawai memudahkan pengawasan terhadap pekerjaan kantor dapat meningkatkan estetika sehingga dapat membangun kesan yang baik untuk pelanggan/pengunjung Manfaat tata ruang kantor bisa membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan meningkatkan produktivitas kerja  membuat pengguna ruang menjadi efektif Prinsip dari tata ruang kantor itu meliputi 3 aspek yaitu :   ➤ Efisiensi : memperhitungkan perb...