Langsung ke konten utama

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja itu Penting.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Merupakan upaya kita untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan defisiensi produktivitas kerja. 

Dasar Hukum K3
  • pasal 86 ayat (1) (a) Undang - Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Permenkes No. 48 Tahun 2016 tentang Standar K3 Perkantoran
Tujuannya untuk mewujudkan kantor yang sehat, aman, dan nyaman demi terwujudnya karyawan yang sehat, selamat, dan produktif. K3 kantor adalah tempat kerja yang mengandung resiko bahaya. 

Keselamatan adalah tidak adanya resiko terjatuh, terbentur, terpeleset, dan terkena bahaya biologis seperti Covid-19.

Kesehatan adalah posisi kerja tidak ergonomis, beban kerja berlebih, konsumsi yang tidak sehat dan hal hal yang dapat menimbulkan penyakit akibat pekerjaan. seperti stroke, jantung, diabetes, kanker, dan kecelakaan kerja. 

Posisi Ergonomis 


Fokus K3

keselamatan kerja

  • perawatan ruang kerja
  • desain alat dan tempat kerja
  • penempatan dan penggunaan alat
  • pengelolaan listrik dan sumber api
  • manajemen tanggap darurat
  • persyaratan dan tata cara evakuasi
  • penggunaan mekanik dan elektrik 
  • P3K

kesehatan kerja

  • peningkatan pengetahuan
  • pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat
  • penyediaan ruang ASI dan pemberian kesempatan memerah ASI selama waktu kerja
  • aktivitas fisik
  • standar dan persyaratan meliputi sarana bangunan, penyediaan air bersih, serta cuci tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS

  KODE ETIK PROFESI SEKRETARIS Khusus profesi sekretaris, kode etik yang telah disepakati bersama oleh para anggotanya, guna mengatur tingkah laku setiap anggota sesama profesi sekretaris, meliputi: Menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan serta nama baik profesi sekretaris Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah laku, baik dalam melaksanakan tugas maupun melayani di luar lingkungan kerja dan masyarakat Menjaga kerahasiaan segala informasi demi kepentingan pribadi Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan atau kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi baik pada tingkat nasional maupun internasional Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi, baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaan Dalam kaitan dengan hubungan masyarakat atau tata pergaulan, maka seorang sekretaris perlu memiliki kepribadian yang mantap, meliputi: Perilaku : Dalam berperilaku hendaknya berorientasi pada tugas pokok sebagai sekretaris bukan pada kepentingan pribadinya. Sikap yang perl...

KEARSIPAN

Dalam dunia sekretaris, kearsipan sangat dibutuhkan dalam pekerjaannya. Pengelolaan arsip perlu dilakukan secara efektif, efisien, dan profesional agar arsip dapat disimpan dengan baik dan tersusun untuk menghindari dokumen hilang. Membuat klasifikasi arsip untuk memudahkan pengarsipan. Klasifikasi itu dimaksudkan untuk mengatur arsip agar secara tepat dapat disimpan. Selain itu, juga secara cepat dan tepat pula dapat ditemukan kembali apabila arsip itu diperlukan. Kata arsip dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda archief yang secara etimologi berasal dari bahasa Yunani archium yang artinya peti tempat untuk menyimpan sesuatu. Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi yang dibuat dan diterima oleh lembaga, perseorangan, atau organisasi. Tujuan dari kearsipan yaitu  :  Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman Bila dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat...

TATA RUANG KANTOR

Dalam dunia sekretaris, tidak hanya membahas bagaimana kita menjadi sekretaris yang baik. Tentunya kita juga harus memperhatikan tata ruang kantor yang baik dan benar. Jadi, jangan lupa dibaca ya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tata ruang kantor yang baik. 😊 Apa sih tata ruang kantor itu? ➥pengaturan ruang kerja beserta alat perlengkapannya yang mencakup letak posisi furniture, penempatan mesin, dan sarana pendukung kerja kantor lainnya.  Tujuan tata ruang kantor  untuk menciptakan kondisi kerja yang baik seperti dengan kesehatan dan kepuasan bekerja untuk para pegawai memudahkan pengawasan terhadap pekerjaan kantor dapat meningkatkan estetika sehingga dapat membangun kesan yang baik untuk pelanggan/pengunjung Manfaat tata ruang kantor bisa membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan meningkatkan produktivitas kerja  membuat pengguna ruang menjadi efektif Prinsip dari tata ruang kantor itu meliputi 3 aspek yaitu :   ➤ Efisiensi : memperhitungkan perb...